Selamat Datang Di Situs OperaQQ Daftarkan Sekarang Di #Opera99.Org#

Header Ads

Tips Aman Bepergian dengan Penyandang Disabilitas

Tips Aman Bepergian dengan Penyandang Disabilitas



traveling bepergian dengan disabilitas


Kata siapa penyandang disabilitas tidak dapat melakukan traveling? Orang dengan kebutuhan khusus ini tetap bisa menikmati perjalanan dan mengunjungi tempat yang mereka suka. Hanya saja diperlukan usaha ekstra agar perjalanan lebih mudah dan menyenangkan . Ini dia tips bepergian dengan penyandang disabilitas. 

Tips traveling dengan penyandang disabilitas

Bepergian dengan penyandang disabilitas membutuhkan persiapan ekstra. Kebutuhan yang unik membuat anda harus dapat menjaga diri sekaligus memastikan  kenyamanan dan keamanan orang dengan kondisi tersebut selama perjalanan. 
Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, ikuti beberapa tips aman bepergian dengan penyandang disabilitas dibawah ini. 

1. Buat rencana bepergian dengan matang

Membuat rencana bepergian sangatla penting. Terutama jika anda mengajak orang berkebutuhan khusus. 
Anda harus menentukan waktu, tempat, penginapan, hingga akses transportasi menuju tempat yang ingin dikunjungi dengan matang. 
Budget yang yang anda siapkan juga mungkin akan berbeda. Ada baiknya jika anda mengalokasikan dana untuk menyewa peralatan pendukung penyandang disabilitas di tempat tujuan jika memang dibutuhkan.
Sebab, menyewa alat ditempat tujuan kadang bisa membuat segalanya lebih praktis sehingga anda dan seluruh peserta pun akan menjadi lebih nyaman ketika bepergian. Anda juga mungkin bisa menentukan orang yang cocok sebagai care taker " cadangan " jika perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Tujuannya, agar bisa bergantian dengan anda untuk menjaga orang disabilitas selama melakukan traveling. 


2. Pilih destinasi dan transportasi yang tepat


Memilih destinasi wisata tidak hanya berdasarkan keindahannya saja. Anda perlu mempertimbangkan keamanan tempat tujuan bagi si penyandang disabilitas. Mengunjungi daerah pantai cukup aman untuk orang dengan kebutuhan khusus sehingga bisa dijadikan pilihan.
Sedangkan untuk daerah pegunungan, anda harus pastikan dahulu bahwa akses untuk kesana mudah dan medan tidak terlalu ekstrem.
Hindari tempat wisata yang harus melewati sungai dengan jembatan kecil, kontur tanah yang licin, basah dan terjal.
Anda juga perlu memilih transportasi yang tepat jika ingin bepergian dengan penyandang disabilitas. Sekarang ini sudah tersedia bus yang didesain khusus untuk memudahkan para penyandang disabilitas atau pelayanan pesawat yang mengutamakan orang dengan disabilitas. 
Jika memungkinkan, Anda juga bisa menggunakan kendaraaan pribadi agar lebih fleksibel. 


3. Membawa obat obatan dan alat yang dibutuhkan



Jika rencana traveling sudah matang , persiapkanlah apa saja yang perlu anda bawa. Terutama, obat obatan yang biasanya diminum. 
Anda juga perlu mendata peralatan penunjang apa saja yang harus dibawa sendiri, misal tongkat, kursi roda dengan fasilitas khusus untuk buang air, atau kruk. 
Tempatkan obat pada wadah khusus dan beri label. Tujuannya, agar obat tidak rusak akibat benturan atau tekanan dan menghindari salah minum obat, baik dosis maupun jenisnya. 

4. Pastikan kondisi tubuh sehat sebelum melakukan traveling

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa anda dan penyandang disabilitas dalam kondisi sehat. Jadi, anda juga perlu melakukan pengecekan kesehatan secara rutin menjelang liburan. 
Pastikan , anda mendapatkan istirahat yang cukup. Konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan tips tambahan ketika anda hendak traveling dengan penyandang disabilitas agar memilki langkah antisipasi yang tepat.


5. Pastikan semuanya siap



Tips terakhir untuk bepergian dengan penyandang disabilitas adalah memastikan semuanya "oke". Naik itu kesehatan fisik, tiket perjalanan, hingga berbagai kebutuhan yang diperlukan selama melakukan perjalanan. 
jangan lupa, tambah wawasan anda dengan informasi yang bisa membantu kelancaran anda selama melakukan liburan.
Misalnya, bekali diri dengan membaca tips sehat melakukan perjalanan dan tahu cara mengatasi cemas yang sering kali muncul selama anda melakukan traveling.

No comments

Powered by Blogger.